Senin, 23 Juni 2008

Maaf..Kami Tidak Kenal Presiden SBY



Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mungkin dianggap tenar karena sering nampil di sejumlah televisi. Tapi siapa bilang, kalau semua rakyat di negari ini mengenal sosok orang nomor satu itu. Lah buktinya, anak-anak suku pedalaman Talang Mamak di Kabupaten Ingradiri Hulu (Inhu) Riau, tidak mengenal SBY.

Walaupun foto SBY mengenakan jas hitam terpampang di gubuk reot sekolah non formal di pedalaman Dusun Datai Tuo Kabupaten Inhu. Dalam foto itu SBY tersenyum. Tapi sayang, murid-murid di sekolah itu tidak mengenal sosok foto yang tergantung di dinding sekolah mereka.

Sitor (12) adalah salah satu murid yang ada di sekolah Datai yang kini sekolah itu juga sudah tidak berfungsi, karena gurunya tidak mau mengajar lagi. Cerita Sitor bersama teman-temannya, guru mereka tak sanggub hilir mudik ke dusun mereka yang jauh dari akses jalan.

Sebab, dari akses jalan kecamatan menuju dusun Datai harus ditempuh dengan berjalan kaki minimal 7 jam. Walau demikian sang guru mereka sempat menggantungkan foto SBY. Ketika Sitor cs ditanya soal foto itu, mereka geleng-geleng kepala. “Kami ndak tau itu gambar siapo,”ujar Sitor cs dengan polos.

Diberitahu bahwa itu adalah foto Presiden, bocah yang lugu itu malah balik bertanya. “Presiden itu apo?”. Diberikan lagi penjelasan bahwa Presiden itu adalah pemimpin Republik Indonesia, Sitor cs tetap nggak mudeng. “Kami ndak tau do. Ngapo gambarnyo ada di sekolah kami pak,” lagi-lagi Sitor balik bertanya.

Pun ketika dijelaskan, bahwa nama Presiden adalah Susilo Bambang Yudhoyono alias SBY, Sitor menunduk lesu sembari tatapan matanya yang kosong melihat lantai tanah sekolahnya yang sudah dikerumini rumput hijau. “Siapa SBY itu ”. Dijelaskan sekali lagi bahwa Presiden Indonesia SBY, bocah itu tambah tak ngerti . “Presiden itu apo, SBY itu siapo lagi?”

Kalau sudah begini siapa menyalahkan siapa?

Tidak ada komentar: